Kebijakan Pemerintah Terkait Kartu Prakerja Menjadi Pilihan Bagi Masyarakat Pencari Kerja

Pengumuman kartu prakerja gelombang 11 telah keluar. Pendaftaran yang sudah ditutup sejak 4 November 2020 tersebut menjadi gelombang terakhir pendaftaran program kartu prakerja tahun ini. Rencananya gelombang 12 baru akan dibuka pada tahun 2021. Menurut Airlangga Hartanto, Menko Perekonomian sebagaiman diberitakan detik.com , mengatakan bahwa program pemulihan ekonomi terkait program kartu prakerja atau pun subsidi lainnya akan dilanjutkan pada tahun 2021.

Program kartu prakerja sendiri merupakan progam bantuan berupa biaya pelatihan dengan tujuan meningkatkan kompetensi kerja. Program pemerintah yang satu ini ditujukan kepada masyarakat berusia 18 ke atas yang tidak sekolah/kuliah,  buruh yang terkena PHK, para pencari kerja, termasuk juga pelaku usaha kecil dan mikro. Atau secara singkatnya, semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak sedang menempuh pendidikan formal dapat mendaftar untuk mendapat pelatihan kerja sekaligus bantuan dana pelatihan.

Sebagaiman dilansir dari situs resmi Prakerja, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan masyarakat pemegang kartu ini. Pertama, mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Kedua, bantuan isentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan, dan bantuan ini akan diberikan selama 4 kali. Ketiga, bantuan dana survei kebekerjaan dengan total Rp 150.000. Bantuan yang diberikan secara tunai hanya bantuan isentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.00, sedangkan untuk bantuan pelatihan diberikan secara non tunai.

Insentif pasca pelatihan

Kebijakan Pemerintah Terkait Kartu Prakerja Menjadi Pilihan Bagi Masyarakat Pencari Kerja

Insentif yang berikan setelah pelatihan sebesar Rp.600.000 menjadi hak milik anggota kartu prakerja. Bantuan ini bisa dugunakan untuk keperluan apapun. Misalkan untuk kebutuhan transportasi selama pelatihan, makan, atau juga untuk meringankan biaya ketika mencari kerja. Dana bantuan ini hanya diberikan satu kali saja dan akan diberikan ketika sudah menyelesaikan pelatihan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa syarat yang harus anda lalukan guna mendapatkan isentif pasca pelatihan kartu prakerja.

  1. Dinyatakan lolos menjadi peserta program kartu prakerja
  2. Harus mengikuti lebih dari satu pelatihan, sedangkan isentif hanya akan diberikan setelah pelatihan yang pertama. Dan untuk pelatihan yang kedua atau pun seterusnya, tidak diberikan intensif apapun.
  3. Telah menyelesaikan pelatihan yang diberikan
  4. Peserta telah memberi penilaian terhadap lembaga pelatihan yang diikuti.
  5. Sedangkan untuk isentif survei, akan diterima jika peserta kartu prakerja telah mengisi penilaian atau survei di laman resmi program kartu prakerja, guna mengetahui efektivitas program kartu prakerja yang sedang dijalankan.

Lalu bagiamna cara mendaftar kartu prakerja dengan benar? Beberapa hari yang lalu, ketika pendaftaran gelombang 11 kartu prakerja dibuka. Terdapat hoax yang mengatasnamakan program tersebut, yaitu beredarnya alamat web yang dikatakan dapat digunakan untuk mendaftar sebagai peserta kartu prakerja. Informasi mengenai link website ini banyak tersebar di grup-grup sosial media seperti WhattApp. Guna menghindari penipuan semacam itu, alangkah lebih baik untuk mendaftar langsung ke laman resmi prakerja di prakerja.go.id. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lalui untuk mendaftar menjadi peserta.

  1. Buka situs resmi progam kartu prakerja di prakerja.go.id
  2. Isilah dengan benar identitas, alamat e-mail, serta passwoard.
  3. Setelah data terisi dan terdaftar, anda tinggal menunggu aktivasi akun yang akan dikirim ke alamat e-mail yang anda isikan tadi.
  4. Lakukan aktivasi akun, kemudian kunjungi kembali laman parkerja di prakerja.go.id
  5. Masukkan nomor KTP
  6. Klik pada opsi “berikutnya”
  7. Isilah identitas diri pada form yang disediakan. Pastikan anda mengisinya dengan benar.
  8. Setelah itu masukkan nomor telepon anda yang masih aktif, karena kode OTP akan dikirim ke nomor tersebut.
  9. Setelah SMS kode OTP didapat, masukkan kode OTP.
  10. Setelah itu isi dan kerjakan tes yang disediakan.
  11. Tunggu e-mail pemberitahuan, dan setelah mendapatkan e-mail balasan, kembali kunjungi laman prakerja.go.id dan tekan pada opsi gelombang yang akan anda ikuti.

Target sasaran masyarakat yang tepat

Insentif pasca pelatihan

Animo masyarakat untuk ikut dalam program kartu prakerja memang sangat tinggi. Pandemi virus corona membuat program pemerintah yang satu ini menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan dana dan juga pelatihan kerja. Mengingat banyaknya buruh atau tenaga kerja yang terkena PHK selama wabah virus corona melanda Indonesia.

Setidaknya pendaftaran gelombang 11 program kartu prakerja saja, diikuti lebih dari dari 5,5 juta orang. Antusias masyarakat yang begitu besar ini, membuat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap target sasaran program prakerja tersebut. Hal itu disampaikan oleh Kurniasih Mufidayati, Anggota Komisi IX DPR, yang mengatakan bahwa kesalahan target sasaran penyaluran dana masih sering terjadi. Sehingga perlu adanya evalusi guna menekan angka kesalahan tersebut serendah-rendahnya.

Dilansir dari Timlo.net, Kurniasih Mufidayati juga mengatakan bahwa masalah ketenagakerjaan di Indonesia adalah ketersediaan lapangan kerja. Sehingga pemerintah sudah seharusnya memikirkan opsi lain untuk menciptakan tenaga kerja yang mampu di kirim ke luar negeri.